Rabu, 18 April 2012

PENGALAMAN PERTAMA BELAJAR MEMASAK


                                                        

MASAK???? Haaaaa???? kalimat itu menjadi momok yg menakutkan bagi saya yg memang tidak suka memasak, karena TIDAK BISA.....

Boro-boro  untuk memasak, masuk dapurpun sangat jarang, apalagi dapur saya sangat kecil dan juga karena semua beres  dikerjakan oleh  asisten di rumah.
DAPUR KECILKU...
(Disinilah tempat aku belajar memasak...).


Dengan berjalannya waktu, dimulai dengan asisten tidak kembali lagi bekerja di rumah saya, pada saat itu saya masih tidak tertarik untuk memasak, Jadilah tiap hari kami sekeluarga untuk jajan diluar rumah, namun lama kelamaan tidak kuat juga kantong, karena makan direstoran untuk sekeluarga (saya mempunyai 3 putera/i yang sudah remaja) siang dan malam sangat menguras isi kantong istilahnya  KANKER = KANTONG KERING....alias BOKEK

Pikiranku mulai terbuka untuk mencoba mengenal bumbu2 masakan, Asal tahu aja saya sampe tiap hari bertanya dg abang tukang sayur, mana LENGKUAS, JAHE, KUNYIT, KEMIRI, JINTEN, Saya bingung...luaaarr biasaaa...untungnya si abang tukang sayur baik hati dan memang bisa memasak juga, jadi dia tahu bumbu2 untuk membuat sop dan nasi goreng.. (masakan yg pertama kali saya masak).

  JAHE, LENGKUAS, KETUMBAR, JINTEN,
 Bumbu-bumbu ini 
awalnya membuat aku kebingungan




             " SOP AYAM"
     ( Masakan yang pertama kali saya buat )
                                                       
Lucunya saya masih sering salah memasukkan bumbu2, kadang2 harusnya memasukkan lengkuas tapi malah saya masukan jahe.....hehheheeee.., tentu saja rasanya sangat berbeda.

Urusan goreng menggoreng juga yg paling saya takuti, krn takut kecipratan minyak. Seperti menggoreng tempe, tahu,ikan, ayam, apalagi  ikan itu suka meletus2.....wahhhhh sereeem deh kalau  harus deket2 dengan kompor..
Jadi jarak saya berdiri dengan kompor sangat jauhhh..  Kalau ingin menggoreng saya lempar saja itu gorengan, sampe2 minyaknya muncrat kemana2.......(sssttt!! tapi sampe sekarang  masih jauh2 tuuhh jaraknya., tapi engga dilempar lagi lhooooo.........hahahhahaa!!!!)

Awalnya sedih juga sih, karena  anak2 tidak suka apa yang saya masak,   menurut mereka masakan yang saya buat tidak seperti masakan di rumah kakek neneknya, yang enaaakkkkk..banget!!.

Namun dari peristiwa itu, mulailah saya  bertanya dan menelpon Mama saya untuk menanyakan resep yang gampang2 , karena dulunya mama saya juga tidak bisa memasak, namun karena diajarkan oleh mertuanya yg berasal dari Minang dan jago masak , jadilah mama saya pintar memasak , dan hampir semua masakan mamaku bisa memasaknya.

Kemudian  saya mencoba membuka resep2 masakan dari Majalah, Tabloid dan bahkan yg paling utama sekarang saya lakukan sebelum masak, saya sering down load dari resep2 yang ada di DETIK FOOD, @appmasakapa karena dia sangat setia membantu saya, selain itu juga liat resep2 atau tanya sama mama, krn saya orangnya suka pelupa, jadi setiap mau masak, saya catat dikertas bumbu2 yg dipakai apa saja. Selain itu di dapur saya letakkan white board untuk menempel semua resep masakan, supaya praktis dan gampang dilihat..

Naaahhhhh !! sekarang saya tambah getol untuk memasak, Sehabis masak pasti hasil masakannya saya foto dan upload di FB, atau Twitter, ini menambah kepercayaan diri saya.
Ternyata jika kita bersungguh2 akan berhasil yaa....(ssstt manteranya MAN JADA WAJADDA, kalau kita bersungguh2 akan berhasil, berlaku juga yaaa untuk memasak) dan saya tambah rajin ikut lomba2 memasak yang diadakan oleh tabloid, FB, Website twitter dannnnnn.....sekarang saya ikutan lomba "PENGALAMAN PERTAMA BELAJAR MEMASAK" di @appmasakapa, dalam rangka hari KARTINI , semoga saja bisa mendapatkan hadiahnya yang pasti super keren!!!!!! apalagi hadiahnya alat2 masak, tambah semangat deh masaknya.....!!! dan biasanya setiap ada lomba jika saya menang pasti hadiahnya saya persembahkan kepada mama tercinta, sebagai "KARTINI PANUTANKU"sehingga sekarang saya bisa memasak dan juga sebagai ungkapan terima kasihku untuknya.

Sekarang begitu bangganya mendapat pujian dari anak-anak dan suami mendarat tiap hari ditelingaku.....,hatiku pastinya berbunga-bunga,
Masakan yang ku buat higienis penuh gizi, bisa berhemat dan kantong kami tidak jebol lagi..

Yuuukkk Wanita Indonesia, mari kita MASAK karena  masak itu gampang , jika kita mau melakukan dengan IKHLAS dan SENANG...., o iyaaa setiap masak, saya selalu ditemani dengan musik, jadi masak sambil bersenandung....dijamin masakan pasti ENAKKK, capekpun hilang......
                                        

                                                            "Ayam Rempah"    

(Hasil masakanku kini)

                                                             

SELAMAT " HARI KARTINI" 

UNTUK SELURUH WANITA INDONESIA......

BRAVO!!!




.

1 komentar:

  1. thank info nya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Cyl3pR

    BalasHapus

CATATAN KEMARIN

Rintik hujan memilin kata Meruntut kisah yang tak biasa Bertahan memutar gejolak di jiwa Tetesannya meramu amarah yang kian memb...